Short Trip To Ciater, Lembang, and Bandung City – Part 1

Halo sahabat,

Postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya melakukan short trip  (perjalanan singkat) selama 2 hari 1 malam (23 -24 april 2016) bersama teman-teman kantor saya ke Bandung. Bandung merupakan kota yang menarik untuk dikunjungi karena di Kota ini kita dapat merasakan suasana kota bandung, wisata alam pegunungan, dan kuliner unik yang perlu dicoba. Makanya, tidak heran jika weekend banyak orang terutama dari Jakarta ke sini.

Trip ke bandung kali ini dimulai dengan pemesanan tiket hotel  di Traveloka dimana saya dan teman-teman kantor memesan Hotel 68 di Jalan Raya Lembang KM 12.3, Lembang (022 2787625/ 0853 4710 2348) dengan 2 kamar Superior(include Breakfast Nasi goreng) dan kamar Deluxe (included Breakfast nasi goreng) Hotel ini berbintang satu dan cukup baik untuk menginap singkat disini dimana waktu cek in jam 14.00 dan waktu cek out : 12.00. Bagi sahabat yang ingin menginap dengan low budget, sahabat dapat memesan kamar Deluxe karena ruangan lebih bersih dibandingkan Kamar Superior yang cukup bersih.  Harga Kamar Deluxe : 266 rb , Superior : 220 rb.

Perjalanan Hari pertama (23 April 2016)

Perjalanan kami dimulai jam 2.30 pagi berangkat ke Bandung. Perjalanan pagi sangat sepi di Tol Cikampek sehingga kami tiba di kota bandung Jam 4.30 pagi dan dilanjutkan ke Lembang kemudian ke Tempat wisata tujuan kami :

1. Pemandian Air Panas Sari Ater (Ciater). Jl. Raya Ciater, Kec. Subang.

kami tiba di Sari Ater jam 6.00 pagi. Parkiran untuk mobil dan motor sangat luas dan dijaga. Untuk Tiket Masuk dibagi 2 bagian waktu yaitu :

• Sebelum jam 8 pagi : 65 rb /orang( sudah termasuk  Tiket Wisata + VIP Hot water pool ) + 15 rb untuk deposit kartu Ke VIP pool per rombongan. Kartu ini dapat di refund kembali ketika Pulang.
  • Sesudah jam 8 pagi : 23 rb/orang(tiket wisata).

Sahabat dapat juga menikmati kolam air panas gratis tanpa harus berendam di kolam air panas. Selain itu, kolam air panas dibagi 2 jenis untuk VIP dan kelas 2. Tempat ini cocok untuk menghilangkan kepenatan dan kecapaian setelah perjalanan jauh dari Jakarta.

Setelah dari Sari Ater, Pukul 9.00 pagi perjalanan dilanjutkan ke

2. Kebun Teh dekat Ciater.

Kami memarkir di sebuah warung makan pinggir jalan dan memesan sate Kelinci + nasi : 35rb dan Indomie telor : 10rb. pesan saya : sangat penting untuk MENANYAKAN HARGA sebelum memesan ditempat seperti ini. Untuk rasa makanan memang cukup tetapi kami dapat menikmati kebun Teh di sekitar lokasi ini. Saya mendapat info bahwa Kebun teh ini dimiliki oleh sebuah perusahaan yang mengexport teh nya ke luar Negeri. Wah bangga juga ya ternyata teh kita dinikmati di luar negeri loh. 😀

tehciater1tehciater4  tehciater2     tea5.

Perkebun teh disini cukup luas sekali.  Kami mencoba kebun teh yang di seberang warung dan menanjang ke atas. Sungguh Luar biasa pemandangan disini. Serba Hijau dan menyejukan mata.

Pukul 10.30 kami melanjutkan perjalanan ke

3. Farm House – Susu Lembang.  Jl. raya Lembang no 108 Cihideung

Tempat ini sedang happening saat ini karena konsep nya yang unik seperti rumah Hobbit dan Miniatur rumah bergaya Eropa. Sahabat dapat dengan mudah menemukan wisata ini karena jalanan pasti macet jika sudah dekat wisata ini. Sahabat dapat memarkir di tempat wisata jika masih ada tempat atau di sekitar rumah penduduk dengan biaya parkir 20rb/mobil.

farmhouse1  farmhouse2

Untuk dapat masuk ke Wisata ini, Sahabat akan dikenakan tiket masuk 20 rb dimana tiket dapat ditukerkan dengan Susu rasa Coklat/Strawberry atau Hot dog Sosis. Sahabat dapat merasakan suasana bergaya eropa ditempat ini, taman bunga, perternakan, dan tempat nongkrong dengan pemandangan Pegunungan.

farmhouse4 farmhouse5

Selain itu, Sahabat dapat menyewa pakaian bergaya eropa untuk foto-foto.

Setelah puas ke farm House, Perjalanan selanjutnya adalah mencari tempat makan siang yaitu di

4. Dusun Bambu Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40551, Indonesia

Lokasi ke dusun bambu cukup mudah dan menyediakan parkiran buat mobil dan motor yang luas. Parkiran ada 2 jenis yaitu P1 yang dekat dengan resto dan P2 yang dibawah dan cukup jauh dari resto tetapi Sahabat tidak perlu khawatir karena dusun bambu menyediakan Shuttle Bus secara gratis dari parkiran ke Restoran. Biaya parkir mobil sebesar 15 rb dan Tiket masuk sebesar 15 rb. Tiket ini nantinya dapat ditukarkan water mineral atau 2 buah bibit tanaman ketika pulang.

dusbam1

Dusun bambu tidak hanya menyediakan restoran saja tetapi juga ada arena permainan, meeting room, dan tempat makan. Sahabat dapat makan di saung dimana saung tidak ber AC, atau makan Cantik di restoran, atau membeli makanan dari lapak-lapak yang disedikan, dan pilihan terakhir makan di dalam Luntung Kasarung . Untuk makan di saung dikenakan charge. Untuk makan cantik di Restoran dikenakan biaya 125 rb/orang. Untuk makan di Burangrang, sahabat hanya perlu beli voucher tetapi voucher tidak dapat di REFUND. Voucher dapat dibeli tanpa minimal biaya. Nantinya, sahabat dapat memilih makanan yang Dusbam2.diminati mulai dari makanan berat sampai ringan. Harga makanan menurut saya cukup mahal tetapi jika dibandingkan tempatnya harganya cukup masuk akal. Selain makan, di dekat Lapak, sahabat dapat makan di Luntung Kasarung dengan minimal  charge Rp 800.000. Keuntungannya, sahabat tidak perlu antri menunggu makanan dari lapak karena sudah ada petugas yang ambilin dan tidak perlu menggunakan voucher.

Saya dan teman-teman saya memilih makan dekat lapak. Saya memesan bakmi tek-tek kuah khas bandung seharga 30 rb dan es lemon tea seharga 20 rb. Untuk es lemon Tea, harganya cukup mahal ditambah asal -asalan dalam membuatnya.

Setelah cukup kenyang,  pukul 3.30 Perjalanan dilanjutkan kembali ke Hotel 68 untuk istirahat dan beres – beres.

Tepat pukul 18.30, kami siap -siap untuk ke bandung kota mencari makan malam. Lokasi makan malam kami ada di

5. Karnivor  Restoraunt Jalan Riau No. 127, Jawa Barat

Tepat pukul 19.45, kami tiba di restoran ini dan kesulitan parkir. Parkiran mobil ada 2 yaitu didalam (sistem vallet) dan di pinggir jalan. Saya sarankan parkir dengan vallet karena lebih nyaman walaupun sahabat harus hati-hati terhadap barang yang ada di mobil ya.

Ketika sampai, kami ber 7 dapat waiting list di urutan ke 7. pukul 20.15, kami sudah dapat tempat dan siap-siap memesan makanan. Di restoran ini lebih codong ke western Food dan menu utamanya adalah Steak.

karnivore2 karnivore3

Kami melihat ada 1 menu T-Rex Bone dimana menu ini menyajikan daging steak lebih besar dari 200 gram (standar daging steak). Sayangnya menu ini habis. Sehingga kami memesan Tenderloin Steak. Saya puas dengan makanan, tempat, dan pelayanan di restoran ini. Untuk steak, rasanya juga enak dan harga yang cukup untuk kantong mahasiswa seperti kami. hehehe

billkarnivoreSetelah Kenyang makan malam, pukul 21.00 kami melanjutkan untuk mencari martabak yang rumornya terenak di kota bandung yaitu

6. Martabak Nikmat Andir  Jl. Jendral Sudirman No.413

Martabak ini sudah lama menjadi incaran saya sebagai “Penggila martabak” karena rumornya jika ke Kota bandung tetapi tidak mencicipi martabak ini, maka sia-sia. Untuk itu, saya dan teman-teman segera mencari lokasi outlet martabak ini.

andir

Kami sampai di outlet jam 22.00 dan memparkir di pinggir jalan. Sesampai Outlet, sudah banyak orang yang menunggu pesanan martabak ini. Disini terkenal dengan martabak pandan keju jagung, sayangnya martabak ini sudah habis sehingga kamu mendapatkan martabak 1/2 keju dan 1/2 coklat dengan harga 65 rb. Puji Tuhan, masih beruntung dapat martabak ini. Oh ya, sahabat perlu tahu bahwa martabak ini dibuat langsung oleh pemiliknya yang berumur sudah lanjut usia tetapi semangat membuat martabaknya mantap dan hanya ada 2 orang yang membantunya. Ketika saya menunggu dibelakang, saya sampat melihat tumpukan jagung import dari US yang sangat banyak sekali Artinya,  Kualitas martabak yang dibuat tidak main-main.  Sebagai info, sahabat dapat booking martabak by phone di nomor  (+6222) 6015386.

Setelah selesai membeli martabak, kami kembali ke hotel dan tiba di hotel pukul 23.15. Saatnya mencoba martabak ini. dari bentuk, martabak ini cukup menarik tetapi kepadatannya kurang dibandingkan martabak bangka yang terkenal di Jelambar baru. Untuk rasa, mungkin agak berbeda karena menteganya full wisman bukan mentega blueband. So far, martabak ini oke untuk dicoba. Kalau ada kesempatan , saya mau mencoba martabak favoritnya.

Setelah Kenyang, perjalanan hari pertama ditutup dengan tidur malam.

Share Button

4 thoughts on “Short Trip To Ciater, Lembang, and Bandung City – Part 1

1. Thanks for your marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you happen to be a
    great author.I will remember to bookmark your blog and will often come
    back at some point. I want to encourage one to continue your great
    writing, have a nice day!

2. Hmm it seems like your site ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say, I’m thoroughly
    enjoying your blog. I too am an aspiring blog writer but I’m
    still new to the whole thing. Do you have any tips for novice blog
    writers? I’d definitely appreciate it.