Short Trip to Lembang Bandung – Part 1

Halo semua..

Wah…sudah lama ya saya tidak update blog ini karena kesibukan rutinitas. Kali ini, Koko James mau menceritakan perjalanan 1 hari 1 malam ke Bandung khususnya daerah Lembang dan Kota Bandung. Short Trip ini dilakukan pada lebaran tahun ini, Tanggal 6 -7 Juli 2016 dan bersama keluarga saya.

Trip ke Bandung kali ini bermodal nekat karena sekeluarga belum memesan hotel. Target hotel kami adalah Hotel Hotel Bumi Makmur Indah di Jalan Raya Lembang No.224 telp: (022) 2788877. Hotel bintang 1 ini memiliki 3 tipe kamar yaitu Standart (2 tempat tidur), Superior (4 tempat tidur) dan Deluxe (4 tempat tidur).  dimana waktu cek in jam 14.00 dan waktu cek out : 12.00. Hotel ini tidak menyediakan makan pagi). selain itu, juga minim fasilitas. fasilitas yang disediakan adalah tempat parkir yang luas dan restoran. Bagi sahabat yang ingin menginap dengan low budget bersama keluarga, sahabat dapat memesan kamar Superior/Deluxe karena ruangan lebih besar dan tempat tidur berukuran size.  Harga Kamar Superior : 599 rb , Deluxe: 699 rb. (High season)

Target Hotel yang menjadi tempat menginap adalah Hotel Pesona Bamboe  Jl. Raya Lembang No.227 telp. (022) 2786204. Hotel bintang 3 ini memiliki pilihan kamar dari deluxe, family suite, dll. Harga kamar dari Rp 1 jt s/d 5 jt permalamnya. Untuk kamar memang lebih baik dari Hotel Bumi makmur indah. Selain itu, hotel ini memiliki fasilitas seperti kolam renang, billiard, cafe, restoran, tempat parkir. Kekurangan dari hotel ini adalah tempat parkir yang sempit untuk dilewati. Bagi sahabat yang ingin menginap bersama keluarga dengan suasana yang indah di daerah lembang tanpa memikirkan budget, Hotel pesona-bamboe dapat menjadi pilihan sahabat.

Perjalanan Hari pertama ( 6 Juli 2016)

Perjalanan dimulai dari Jakarta pukul 04.30 subuh dan tiba di Bandung Pasteur jam 6.00 pagi. Perjalanan langsung menuju Lembang bandung untuk mencari penginapan. Di sekitar Lembang bandung ada 2 tempat penginapan yang diincar antara lain Hotel Bumi Makmur Indah dan Hotel Pesona Bamboe. Kedua Hotel ini merupakan 1 group dan terletak saling berseberangan. 

 locationspesonambambuAwalnya target hotel adalah Bumi Makmur Indah tetapi mama saya coba nekat untuk ke Hotel Pesona Bamboe ternyata masih ada sisa 1 kamar dengan harga “Khusus”. hehe… Akhirnya, kami menginap di Hotel ini dan segera taruh barang sebelum ke destinasi tujuan.

 

 

 

 

 

 

cikoleSetelah berberes selesai di Hotel, Perjalanan dilanjutkan ke daerah Ciater yang melewati cikole. Karena hari tersebut ada sholat Ied, maka perjalanan melewati jalur alternatif. Saya dan keluarga sudah tiba jam 8.00 di Pemandian Air Panas Sari Ater. Hari itu harga diatas jam 08.00 pagi menjadi Rp 37.000. padahal harga standar tidak semahal ini (baca post : Short trip to ciater ). Akhirnya, kami memutuskan tidak jadi masuk dan kembali ke Lembang. Perjalanan bolak balik ciater-cikole sangat sepi dan tidak terasa keramaian.

 

1. PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole   Jl. Tangkuban Perahu

Ketika perjalan balik, saya menemukan  suatu tempat wisata yang penuh dengan pohon pinus yaitu PAL 16 Wisata Hutan Pinus Cikole. Lokasi wisata terletak sebelum jayagiri dari arah Ciater ke Cikole. Wisata ini gratis dan anda dapat bebas menikmati suasana di hutan pinus.  Suasana alam yang sejuk, rindang dan indah ditambah  dengan sinar matahari pagi yang indah membuat diri  menjadi betah lama-lama di tempat ini. 

 pal16wisatahutanpinus pal161 pal162

Setelah asyik menikmati pemandangan di Pal 16, kami berangkat menuju Farm House. Sayangnya, parkiran sudah penuh dan banyak pengunjung yang datang sehingga kami memutuskan untuk puter balik ke arah Lembang.

 

2. Tahu Susu Lembang   Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang

Di tengah jalan, saya dan keluarga mampir dulu di Tahu susu lembang. Suasana di Tahu Susu Lembang sangat padat sekali sepertinya dipenuhi oleh pengunjung yang tidak bisa ke Farm House. Untungnya, kami dapat menikmati sosis blackpepper dari rumah sosis seharga Rp 15.000/ buah dan Kopi di kedai ABC. Harga Kopi panas seharga Rp 8.000 per gelas dan Harga kopi dingin adalah Rp 9.000 per gelas.

 

3. Dusun Bambu Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40551, Indonesia

dusunbamboeviewSetelah 1 jam istirahat, kami melanjutkan perjalanan ke Dusun Bambu. Bila pada hari biasanya, ketika keluar dari Tahu Susu Lembang dapat langsung belok kanan untuk ke arah Farm House, tetapi di hari ini kami harus memutar balik ke pasar lembang karena ada pembatas jalan disekitar jalan tahu susu lembang. Kondisi Jalan dari Kolonel Masturi ke arah dusun Bamboe lancar, tetapi jalan baliknya tidak bergerak. Hal ini disebabkan penduduk Lokal yang sedang silahturami ke rumah saudara/menikmati liburan lebaran ditambah kepadatan dari mobil wisatawan yang berkunjung ke Bandung. 

Sampai di Dusun Bamboe, Parkiran sudah terlihat penuh dan banyak orang yang mengantri untuk menunggu jemputan ke tempat wisata. Harga tiket saat itu Rp 20.000. Harga tiket ini naik dari kondisi biasanya, selain itu, biasanya 1 tiket dapat ditukar dengan 1 botol tetapi kali ini perlu 2 tiket untuk mendapatkan 1 botol. Sungguh perbedaan kebijakan di high Season ini.

Pada Kesempatan kali ini, kami mencoba makan di Lutung Kasarung. Lutung Kasarung adalah tempat makan seperti sarang burung yang diselimuti dengan  ranting-ranting pohon. Luntung Kasarung memiliki 2 tipe ruang yaitu besar (untuk 10 orang) dan kecil (untuk 6 orang). Masing – Masing ruangan dapat di sewa selama 90 menit. Perbedaan harga untuk 2 tipe ruang ini tidak berbeda jauh. Kami harus menunggu 2 1/2 jam untuk dapat menikmati di ruangan ini. Selama menunggu, kami jalan – jalan dahulu mengitari dusun bambu.

Ketika sudah waktunya, kami menempati ruangan kami dengan tipe yang kecil. Sebenarnya, suasana ruangan kami sangat nyaman dan angin segar lembang sangat berasa diruangan kami tetapi momen itu menjadi tidak nyaman karena banyak orang yang berlalu lalang untuk mengintip ruangan kami.  Sangat disarankan untuk memesan makanan yang banyak untuk pertama kali pesan di Lutung Kasarung karena proses pengantaran makanan hingga 20 – 30 menit. Waktu sewa baru dihitung ketika makanan pertama datang. Makanan yang dipesan merupakan makanan yang ada di outlet Burangrang dengan harga yang sama.

Setelah selesai makan, kami melanjuti perjalanan balik Ke Hotel. Puji Tuhan, perjalanan balik tidak semacet seperti pergi. Kami beristirahat, keliling hotel, beres – beres, dan siap – siap untuk makan malam di sekitar Jalan raya Lembang. Ketika keluar dari Hotel, kami melihat suasana Lembang raya sangat padat sekali dengan mobil dan motor. Berjalan kaki sambil menikmati suasana Lembang di malam hari beserta dengan keramean suasana lebaran sungguh terasa sekali. Benar – benar liburan menarik di Bandung.

lembangkeluarga

 

4. Pondok Mie Omm Gendutz   Jl. Raya Lembang No 246 , Lembang, Bandung

pondokmieomgendytmiekocok1

 

 

 

 

Makan malam di Lembang dimulai dengan mencoba mie kocok. Mie Kocok adalah pada dasarnya merupakan mie yang dicampur dengan baso dan kikil dengan kuah seperti soto bening. Mie Kocok di pondok ini ada 3 macam paket : paket baso, Paket baso+kikil, dan paket super. Aku mencoba Paket super dimana mie kocok terdiri dari Mie, baso kecil dan baso besar, kikil, bawang goreng. Harga untuk menikmati paket super ini sebesar Rp 35.000/porsi.

5. Ronde Jahe dan Uli Bakar Lembang   Jl. Raya Lembang, Lembang, Bandung

rondejahe

rondejahelembang

 

 

 

 

 

 

Tempat ke dua untuk kuliner dibandung adalah Ronde Jahe Lembang. Ronde jahe lembang merupakan tempat rekomendasi yang diberitahukan teman baik saya, Seacylia. Tempat Ronde ini terletak sebelum Mandarin Restoran di Lembang dan sederetan dengan Hotel kami. Ronde Jahe terbagi 2 pilihan yaitu 3 ronde besar berisi kacang + ronde kecil atau 6 Ronde Besar, serta ada juga Sekoteng. Masing – Masing harganya Rp 18.000/porsi. Aku memilih ronde besar semua. Menurutku, Harga ronde di Lembang tersebut cukup mahal jika dibandingkan dengan harga di Gajah Mada Street di Jakarta (lihat Post: Kuliner di Gajah Mada Street). Tetapi jika dipikir, mungkin karena pada saat itu hari lebaran sehingga mungkin ada kenaikan harga daripada hari biasanya.  Selain menikmati ronde, saya dan keluarga menikmati uli bakar dengan kelapa dan gula seharga Rp 9.000/buah. Suasana makan di pinggir jalan Lembang Raya sangat nikmat sekali sambil berasa udara dingin dilembang. 

 

Perjalanan hari ini selesai dengan kuliner di lembang, saatnya istirahat, dan bersiap untuk besok hari.

 

Share Button

Leave a Comment