Short Trip To Pahawang Island, Lampung – Part 2

Setelah “balas dendam” dengan kurang tidur di hari kedua, pikiran dan tubuh lebih di hari ketiga ini dan saatnya untuk berberes balik. Tetapi jangan khawatir masih ada beberapa tempat yang kami kunjungi yaitu :

Hari Ketiga (14 Agustus 2016)

11. Pulau Pahawang Besar (Preparation for going back)

Pagi hari dimulai dengan cuaca mendung dan hujan cukup besar. Rencana untuk memfoto sunrise tidak jadi karena cuaca tidak mendukung. Hari ini adalah hari terakhir sebelum balik ke Dermaga Ketapang. Persiapan dimulai dengan mandi pagi dan makan pagi dengan menu nasi putih, bakmi goreng, telur dadar, sambal dan kerupuk. Hari ini adalah hari spesial untuk salah satu teman kami yaitu Adi S. yang tepat berulang tahun. Congratz for Adi S.

pahawangbyeSeharusnya jam 08.00 kita bergegas untuk pergi ke Pulau Maitem tetapi karena hujan masih besar, kami membatalkan dan menunggu hingga jam 10.00. Selama menunggu, saya dan teman-teman menyantap es kelapa, indomie telur, dan pisang goreng.

 

12. Pulau Kelagian Lunik (The last Island we visited)

kelagian unik1 kelagian unik2

Pukul 10.00, kami bergegas ke kapal dan menuju ke satu pulau sebelum balik ke Dermaga. Kami tiba di Pulau tersebut pukul 11.15. Pulau tersebut adalah Pulau Kelagian Lunik. Pulau ini memiliki pasir yang putih juga tetapi tidak sehalus pulau Loe. Pulau Kelagian Lunik terbagi 2 sisi yaitu sisi depan : pantai untuk berlabuh perahu dan sisi belakang : pantai yang ada karangnya. Pulau Kelagian Unik lebih rame dibandingan Pulau Loe. Banyak spot yang menarik untuk foto-foto disini baik di sisi depan atau sisi belakang. Selain itu, sahabat dapat menikmati makanan, menyewa banana boat, mencoba snorkling/diving di pulau ini dengan harga tertentu.  Kami hunting foto di sini selama 30 menit dan bersiap balik ke dermaga Ketapang. Tim AWP sempat menawari untuk ke Pulau Maitem yang sempat tertunda di Pagi hari tetapi jika kesana kami akan bersiap basah karena melawan ombak dan juga akan membuat waktu pulang ke jakarta jadi terlambat akhirnya kami membatalkan niat tersebut

 

13. Dermaga Ketapang (lunchie)

ketapangbyePukul 12.30 kami  sampai di Dermaga Ketapang  dan foto-foto terakhir di dermaga. Kemudian, kami  lanjut untuk makan siang di tempat makan yang sama waktu kita datang. Menu makan siang adalah nasi, ayam goreng kering, bakmi, tempe goreng, dan kerupuk.

 

14. Toko Oleh-oleh Simbolon Karang Maritim, Panjang, Bandar Lampung City, Lampung 35243

hargaPukul 13.30 kami bersiap berangkat ke Pelabuhan Bakeuheni. Di tengah perjalanan, kami mengunjungi Toko Oleh – Oleh khas lampung. Di Lampung terkenal dengan kemplang, keripik pisang, dan Kopi Lampung. Banyak merek yang menjual keripik Pisang ini tetapi yang paling gurih keripiknya adalah merek Aneka. Harga sekantong kecil(225 gram) adalah Rp 18.000/kantong dan harga kotak (450 gram) adalah Rp 40.000/kotak besar. ada berbagai macam rasa antara lain manis, keju, mocca,coklat, kopi, dll. Untuk harga Kopi Duren lampung seharga Rp 27.000/kantong (100 gram).  Kopi Duren adalah kopi dengan aroma duren yang tidak terlalu kuat. Rasa kopinya ringan dan durennya hanya sebagai aroma penguat saja. Saya membeli beberapa kantong Keripik Aneka, Kopi duren, dan Dodol duren (Rp 10.000/buah). Sahabat dapat melihat foto struk pembelian di sebelah kanan yang di foto oleh rekan satu perjalanan ke Pahawang yaitu Morina.

 

Setelah selesai berbelanja, kami melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Bakeuheni sekitar 2 jam.

15. Pelabuhan Bakeuheni (going Back to Jakarta)

ferry1 ferry2

ferry3 ferry4

Pukul 17.00, kami sudah tiba di Pelabuhan Bakeuheni dan seperti biasa tim dari AWP membantu pengurusan tiket. Ketika Pembelian tiket sudah selesai, kami segera memasuk kapal kami. Kali ini kami mendapatkan kapal yang bagus. Kapal ini benar-benar berbeda dengan kapal pada saat kita pergi (baca post : short-trip-to-pahawang-island-lampung-part-1). Kapal ini mirip dengan Cruise dibandingkan dengan kapal fery karena full AC, ada tempat untuk rebahan, tempat duduk full sofa, ada live music, karaoke, bar, restoran, massage, play ground untuk anak-anak, serta banyak spot bagus untuk foto. Saya menantikan foto sunset di kapal dan foto-foto bersama dengan teman-teman saya. Perjalanan dari Bakauheni ke Merak memakan waktu 3 jam.

16. Pelabuhan Merak 

nasigorengPukul 20.00 kami tiba di merak. Kami berpamitan dengan tim dari AWP yang sangat care untuk mendampingi kami selama perjalanan. Setelah itu, Kami mencari makan dahulu disekitar pelabuhan. Kami mendapatkan tempat makan yang oke yaitu nasi goreng telor seharga Rp 12.000/porsi. Puji Tuhan, Kami semua ditraktir yang ulang tahun pada hari itu. hehe. 

Pukul 21.00 kami segera berangkat ke Terminal Kali Deres Jakarta dengan mengunakan bis Arimbi. Kami tiba di Jakarta pukul 23.30 dan ini adalah akhir dari perjalanan kami untuk trip ke Pahawang.

 

Pengalaman ke Pulau Pahawang dan sekitarnya sungguh mengesankan karena lokasi yang masih bersih, asri, terawat, serta banyak pulau yang menarik pemandangannya.Selain itu, Menu makanan yang diberikan juga terasa enak dan pas di lidah, serta harga yang terjangkau untuk membeli cemilan di sekitar pulau. Pengalaman yang diberikan Tim AWP juga memuaskan dan kooperatif sehingga sesuai dengan jadwal itinary. Mantap !!!.

Bagi sahabat yang ingin mencoba suasana baru untuk pantai di Indonesia, Pulau Pahawang dan sekitarnya dapat dijadikan referensi untuk dikunjungi dengan budget yang cukup dikantong. Untuk rekan-rekan yang memiliki tambahan referensi boleh di share disini untuk melengkapi list dari rekan-rekan sekalian. hehe.

akhir kata, What a Wondeful Beach in Indonesia . 😀

 

 

 

Share Button

Leave a Comment